Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahan Ajar Kelas 5 - Bilangan Cacah hingga 100.000

Konten [Tampil]
Selamat datang di layanan blog pembelajaran yang ditulis oleh Mr. Dewanto, S.Pd. (黃亞財). Pada unit pembelajaran ini, kita akan mempelajari terkait Bilangan Cacah dengan rentang 0 hingga 100.000 sebagai materi pembelajaran matematika di kelas 5. Adapun tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu:
  1. Peserta didik dapat membaca dan menuliskan lambang bilangan cacah sampai 100.000.
  2. Peserta didik dapat menentukan dan menggunakan nilai tempat bilangan cacah sampai 100.000.
  3. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 100.000.
  4. Peserta didik dapat menyusun dan menguraikan suatu bilangan cacah hingga 100.000.
  5. Peserta didik dapat menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) sampai 100.000.

Membaca dan Menuliskan Bilangan Cacah

Membaca dan menuliskan bilangan cacah merupakan dua hal yang saling berkaitan. Membaca di sini bermakna, ketika kamu diberikan angka dan kamu dapat memahami serta mebacakan kalimat tersebut secara lisan. Sebaliknya menuliskan ketika kamu diberikan sebuah kalimat atau mendengarkan secara langsung, lalu menuliskan dalam bentuk angka.

Perhatikan contoh membaca bilangan cacah berikut ini!
  • 27.956 = dua puluh tujuh ribu sembilan ratus lima puluh enam.
  • 69.345 = enam puluh sembilan ribu tiga ratus empat puluh lima.
  • 72.190 = tujuh puluh dua ribu seratus sembilan puluh.
Perhatikan contoh menuliskan bilangan cacah berikut ini!
  • Tiga puluh enam ribu delapan ratus tujuh puluh satu = 36.871
  • Lima puluh tujuh ribu sembilan ratus satu = 57.901
  • Delapan puluh dua ribu sembilan puluh lima = 82.095

Nilai Tempat  Bilangan Cacah

Nilai tempat pada suatu bilangan berbeda-beda sesuai dengan bilangan yang disebutkan. Perhatikan contoh berikut ini!
Gambar 1. Nilai tempat pada bilangan cacah

Membanding dan Mengurut Bilangan Cacah

Kita dapat membandingkan bilangan cacah dengan menggunakan beberapa tanda pembanding: (1) lebih kecil "<", (2) lebih besar ">", dan (3) sama dengan "=". Contohnya sebagai berikut:
  • Penggunaan pembanding lebih besar: 43.981  >   34.981
  • Penggunaan pembanding lebih kecil: 76.073  <   95.120
Selain membandingkan, kita juga dapat mengurutkan bilangan dengan dua tipe: (1) dari terkecil ke terbesar; dan (2) dari terbesar ke terkecil. Contohnya sebagai berikut:
  • Penggunaan urutan dari terkecil ke terbesar: 34.907, 34.989, 35.763, 36.897
  • Penggunaan urutan dari terbesar ke terkecil: 45.097, 44.987, 44.879, 40.521

Menyusun dan Mengurai Bilangan Cacah

Menyusun (komposisi) dan menguraikan (dekomposisi) bilangan cacah merupakan kegiatan yang saling berhubungan. Perhatikan contoh berikut ini!
  • Menyusun bilangan cacah: 30.000 + 6.000 + 500 + 40 + 3 = 36.543
  • Mengurai bilangan cacah:  54.981 = 50.000 + 4.000 + 900 + 80 + 1

Operasi Hitung Bilangan Cacah

Operasi hitung bilang cacah terdiri atas 4, yaitu (1) penjumlahan; (2) pengurangan; (3) perkalian; dan (4) pembagian. Terdapat aturan yang perlu kamu perhatikan dalam pengerjaan operasi hitung campuran pada bilangan cacah, antara lain:
  1. Apabila terdapat tanda kurung "(     )", maka kerjakan terlebih dahulu yang ada di dalam tanda kurung.
  2. Apabila terdapat operasi perkalian dan pembagian, maka kerjakan operasi tersebut terlebih dahulu. Lalu, bagaimana jika operasi perkalian dan pembagian secara bersamaan ada di operasi campuran yang akan kita selesaikan? kerjakan dari yang paling kiri ke kanan.
  3. Langkah terakhir, baru mengerjakan operasi penjumlahan dan pembagian. Lalu, bagaimana jika operasi penjumlahan dan pengurangan secara bersamaan ada di operasi campuran yang akan kita selesaikan? kerjakan dari yang paling kiri ke kanan.
Gambar 2. Aturan penyelesaian operasi campuran

Pengayaan (Student Enrichment)

For upgrading your skills in math, especially in Whole Numbers, you can try to explore this material below directly by yourself! This materials originally constructed by Khan Academy. [Notes: you are able to access this enrichment when you already understand all materials written by your teacher in this blog article].

Referensi

  1. Fitrianawati, M., Surtiani, I., & Istiandaru, A. (2022). Matematika untuk SD/MI Kelas V. Jakarta Selatan: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  2. Gunanto & Amalia, D. (2023). ESPS Matematika untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  3. Karso, Suyadi, G., Muhsetyo, G., Chadra, T. D., Widagdo, D., & Priatna, N. (2014). Pendidikan Matematika I. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  4. Kheong, F. H, Soon, G. K., & Ramakrishnan, C. (2018). My Pals Are Here! Maths 5A. 3rd Edition. Singapore: Marshall Cavendish Education.
  5. Miyanto & Rifai, R. A. (2023). Matematika untuk SD/MI. Klaten: Intan Pariwara.
  6. Singapore Math Level 4 A&B. 
Dewanto Huang
Dewanto Huang Pembelajar & Pengajar MIPA
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Bahan Ajar Kelas 5 - Bilangan Cacah hingga 100.000"