Bahan Ajar Kelas 5 - Bilangan Cacah hingga 100.000
Selamat datang di layanan blog pembelajaran yang ditulis oleh Mr Dewanto. Pada unit pembelajaran ini, kita akan mempelajari terkait bilangan cacah. Bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat yang tidak negatif, dimulai dari nol dan dilanjutkan dengan bilangan bulat positif. Jadi, bilangan cacah adalah {0, 1, 2, 3, 4, ...} dan seterusnya. Pada fase C dan kelas 5, murid-murid sekalian akan mempelajari tentang bilangan cacah hingga 1.000.000. Simak dengan lanjut materi pembelajaran di blog ini dengan seksama!
Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran kolaboratif dan terintegrasi dengan digitalisasi, murid pada akhir pembelajaran diharapkan dapat mencapai kompetensi sebagai berikut:
- Murid dapat membaca dan menuliskan lambang bilangan cacah sampai 100.000 dengan benar dan tepat.
- Murid dapat menentukan dan menggunakan nilai tempat bilangan cacah sampai 100.000 dengan benar dan tepat.
- Murid dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 100.000 dengan benar dan tepat.
- Murid dapat menyusun dan menguraikan suatu bilangan cacah hingga 100.000 dengan benar dan tepat.
- Murid dapat menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) sampai 100.000 dengan benar dan tepat.
Bahan Ajar Matematika
Pelajari bahan bacaan yang telah disajikan di bawah ini dengan seksama! Catat di buku catatanmu terkait poin-poin penting dari topik pembelajaran ini! Apabila terdapat hal-hal yang tidak dipaham, ajukan pertanyaan di forum kelas untuk mendapatkan tanggapan dari guru maupun murid lainnya.
Referensi
- Adhalia, D. & Gunanto (2023). ESPS Matematika untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Penerbit Erlangga.
- LeTourneau, C. D., Posamentier, A. S., & Ford, E. R. (2009). Progress in Mathematics Grade 5. United States of America: Sadlier-Oxford.
- Website Bank Indonesia. Link: https://www.bi.go.id/id/rupiah/gambar-uang/default.aspx diakses pada Agustus 2025.
- Website Badan Pusat Statistik (BPS). Link: https://tanjungpinangkota.bps.go.id/id diakses pada Agustus 2025.