Bahan Ajar Kelas 6 - Bilangan Cacah hingga 1.000.000
Selamat datang di layanan blog pembelajaran yang ditulis oleh Mr Dewanto. Pada unit pembelajaran ini, kita akan mempelajari terkait bilangan cacah. Bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat yang tidak negatif, dimulai dari nol dan dilanjutkan dengan bilangan bulat positif. Jadi, bilangan cacah adalah {0, 1, 2, 3, 4, ...} dan seterusnya. Pada fase C dan kelas 6, murid-murid sekalian akan mempelajari tentang bilangan cacah hingga 1.000.000. Simak dengan lanjut materi pembelajaran di blog ini dengan seksama!
Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran kolaboratif dan terintegrasi dengan digitalisasi, murid pada akhir pembelajaran diharapkan dapat mencapai kompetensi sebagai berikut:
- Murid dapat membaca dan menuliskan lambang bilangan cacah sampai 1.000.000 dengan benar dan tepat.
- Murid dapat menentukan dan menggunakan nilai tempat bilangan cacah sampai 1.000.000 dengan benar dan tepat.
- Murid dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 1.000.000 dengan benar dan tepat.
- Murid dapat menyusun dan menguraikan suatu bilangan cacah hingga 1.000.000 dengan benar dan tepat.
- Murid dapat menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) sampai 1.000.000 dengan benar dan tepat.
Bahan Ajar Matematika
Pelajari bahan bacaan yang telah disajikan di bawah ini dengan seksama! Catat di buku catatanmu terkait poin-poin penting dari topik pembelajaran ini! Apabila terdapat hal-hal yang tidak dipaham, ajukan pertanyaan di forum kelas untuk mendapatkan tanggapan dari guru maupun murid lainnya.
Latihan Soal
Setelah mempelajari bahan ajar di atas, untuk menguji pemahamanmu tentang materi ini. Kerjakan latihan soal di bawah dengan teliti!
Referensi
- Gunanto & Amalia, D. (2023). ESPS Matematika untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Penerbit Erlangga.
- Website Bank Indonesia. Link: https://www.bi.go.id/id/rupiah/gambar-uang/default.aspx
- Website Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Riau. Link: https://kepri.bps.go.id/id