Capaian Pembelajaran IPA Fase D (SMP Kelas VII, VIII, dan IX) Terbaru Kurikulum Nasional Edisi Tahun 2025
Capaian Pembelajaran (CP) adalah deskripsi kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik di akhir setiap fase pembelajaran, baik itu pengetahuan, keterampilan, sikap, maupun kompetensi lain yang spesifik untuk suatu mata pelajaran atau lingkup belajar. CP bersifat umum dan menjadi panduan bagi guru dalam menyusun tujuan pembelajaran yang lebih spesifik dan aktivitas pembelajaran yang tepat untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan. CP dirancang berdasarkan fase pendidikan, bukan klasikal per kelas. Misalnya, Fase A untuk kelas I–II SD, Fase B untuk kelas III–IV, dan seterusnya hingga fase pendidikan menengah. Adapun pembagian fase pendidikan dikelompokkan menjadi:
- Fase fondasi: PAUD
- Fase A: kelas I-II SD/MI
- Fase B: kelas III-IV SD/MI
- Fase C: kelas V-VI SD/MI
- Fase D: kelas VII-IX SMP/MTs
- Fase E: kelas X SMA/SMK/MA
- Fase F: kelas XI-XII SMA/MA atau XI-XIII SMK
IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang ditemukan pada jenjang SMP serta memiliki capaian pembelajaran yang telah ditetapkan oleh BSKAP Kemendikdasmen. Karakteristik pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang diajarkan pada fase D dilakukan secara terpadu dan dilaksanakan dengan unit of inquiry, yaitu sebuah projek untuk menyelesaikan masalah atau isu lingkungan dari berbagai sudut pandang baik itu biologi, fisika, dan kimia. Selanjutnya, pada fase E pembelajaran IPA baru diajarkan secara tersendiri melalui mata pelajaran yang lebih terkonsentrasi seperti mata pelajaran Biologi, Fisika, Kimia, maupun IPA Terpadu. Berdasarkan informasi di atas, kita dapat mengetahui bahwa capaian pembelajaran yang disusun pada fase D digunakan untuk dapat diselesaikan kurang lebih dalam waktu 3 tahun yaitu dari kelas VII hingga IX. Adapun capaian pembelajaran IPA pada fase D (umumnya untuk kelas VII, VIII, dan IX jenjang SMP/MTs/Program Paket B) di akhir fase tersebut diharapkan memiliki kemampuan dari 2 elemen yaitu pemahaman IPA dan keterampilan proses.
Elemen Pemahaman IPA
Capaian pembelajaran elemen pemahaman IPA pada fase D sebagai berikut: Menelaah hasil identifikasi makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya; menganalisis klasifikasi, sifat, dan perubahan materi; menganalisis sistem organisasi kehidupan, fungsi, serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ; menganalisis interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya dalam merancang upaya-upaya untuk mencegah dan mengatasi perubahan iklim; menganalisis pewarisan sifat; membuat bioteknologi konvensional di lingkungan sekitarnya; menerapkan pengukuran terhadap aspek fisis dalam kehidupan sehari-hari;menganalisis ragam gerak, gaya, dan tekanan; menganalisis hubungan usaha dan energi; menganalisis pengaruh kalor dan perpindahannya terhadap perubahan suhu;menganalisis gelombang dan pemanfaatannyadalam kehidupan sehari-hari; menganalisis gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber energi listrik ramah lingkungan; menganalisis posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam sistem tata surya untuk menjelaskan fenomena alam dan perubahan iklim; serta mengevaluasi keputusan yang tepat untuk menghindari zat aditif dan adiktif yang membahayakan dirinya dan lingkungan.
Elemen Keterampilan Proses
Capaian pembelajaran elemen keterampilan proses pada fase D sebagai berikut:
- Mengamati
Melakukan pengamatan terhadap fenomena dan peristiwa di sekitarnya dan mencatat hasil pengamatannya dengan memperhatikan karakteristik objek yang diamati. - Mempertanyakan dan Memprediksi
Mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksinya. - Merencanakandan Melakukan Penyelidikan
Merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan; murid menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat dan memahami adanya potensi kekeliruan dalam penyelidikan. - Memproses, Menganalisis Data, dan Informasi
Mengolah data dalam bentuk tabel, grafik, dan model serta menjelaskan hasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data; murid mengumpulkan data dari penyelidikan yang dilakukannya, serta menggunakan pemahaman sains untuk mengidentifikasi hubungan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti. - Mengevaluasi dan Refleksi
Mengidentifikasi sumber ketidakpastian dan kemungkinan penjelasan alternatif dalam rangka mengevaluasi kesimpulan, serta menjelaskan cara spesifik untuk meningkatkan kualitas data. - Mengomunikasikan Hasil
Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dan utuh yang ditunjang dengan argumen dan bahasa yang sesuai konteks penyelidikan.
Berdasarkan salinan dokumen capaian pembelajaran IPA untuk fase D di atas, guru dapat mengembangkan lebih lanjut tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada fase D. Setelah melakukan identifikasi terhadap tujuan pembelajaran (TP), guru dapat melakukan sortir dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran (TP) mana yang akan diajarkan terlebih dahulu di kelas VII, VIII, atau IX sesuai dengan kebutuhan di sekolah masing-masing. Hasil dari sortir tersebut disebut dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang akan membantu guru dalam mengkoordinir ketercapaian pembelajaran di dalam kelas.
Untuk memudahkan guru-guru dalam memetakan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), berikut ini merupakan hasil identifikasi tujuan pembelajaran (TP) yang telah disusun dalam bentuk alur tujuan pembelajaran (ATP).