Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tulisan Anti-plagiat dengan Spinner.ID

Konten [Tampil]
Gambar 1. Tampilan Laman Spinner.ID
Tulisan-tulisan hasil karya akademik maupun non akademik merupakan bagian dari kekayaan intelektual seorang penulis yang perlu dilindungi. Untuk itu, tidak jarang dalam beberapa persyaratan terkait publikasi terutama publikasi ilmiah terdapat syarat untuk memenuhi persyaratan antiplagiasi. Hal ini diterapkan agar penulis dapat menghasilkan karya tulisannya sendiri. Melansir dari laman KBBI Daring (Kemdikbud), plagiat merupakan tindakan pengambilan karangan berupa pendapat atau sejenisnya milik orang lain serta menjadikannya seolah-olah merupakan hasil karangan pendapat sendiri atau sejenisnya. Beberapa tindakan misalnya menerbitkan hasil karya tulisan orang lain dengan mengatasnamakan diri sendiri.

Dalam tulisan akademik, tidak dipungkiri tidak jarang tulisan yang dituliskan seorang penulis terdeteksi oleh software pengecekan plagiasi walaupun tidak bermaksud untuk melakukan plagiasi. Tulisan-tulisan akademik tentu memuat beberapa teori pendukung dari penulis/peneliti/ahli sebelumnya yang digunakan untuk mendukung atau memperkuat argumentasi dalam tulisannya. Penulis-penulis tersebut juga tidak lupa memberikan kredit atau acuan sumber kutipan terhadap tulisan yang bukan merupakan hasil karyanya. Namun, hasil dari deteksi plagiasi ternyata penulis dinyatakan melakukan plagiasi. Lalu, bagaimana cara mengatasi cara tersebut?

Parafrase merupakan salah satu teknik dalam menulis yang perlu dikuasai oleh seorang penulis apabila ingin tulisannya bebas dari plagiasi. Parafrase merupakan tindakan mengubah struktur kata dalam suatu kalimat yang tidak mengubah makna asli dari kalimat yang diubah tersebut. Singkatnya, parafrase merupakan cara menuliskan kembali suatu tulisan yang bukan milik kita. Untuk dapat melakukan parafrase, penulis tentu harus dapat menguasai kosa kata dalam suatu bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Selain itu, praktik jam terbang dalam menulis juga diperlukan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman yang sangat canggih serta diiringi dengan berbagai hasil inovasi yang diciptakan manusia. Kini, kegiatan parafrase dapat dilakukan menggunakan tools/platforms/software secara otomatis. Salah satu software yang dapat digunakan untuk melakukan parafrase oleh mahasiswa/dosen/kalangan bidang akademik yaitu Spinner.ID

Spinner.ID merupakan salah satu perangkat berbasis web (software based-web) bertujuan untuk melakukan penulisan kembali (rewrite) suatu tulisan yang menggunakan Bahasa Indonesia. Hasil tulisan kembali yang diperoleh juga membuat tulisan menjadi unik, mudah dibaca, serta mudah terdeteksi mesin pencarian. Melansir dari lamanya Spinner.ID, software tersebut telah memiliki database kata sekitar 19 ribuan dan akan dilakukan penambahan terus secara berkala. Dari pengalaman penulis menggunakan Spinner.ID, penggunaannya cukup mudah karena dilengkapi dengan panduan yang sangat mudah dipahami oleh pengguna untuk pertama kalinya.

Perlu diketahui bahwa layanan dalam Spinner.ID terdapat 2 jenis, yaitu GRATIS dan PRO. Tentu saja, terdapat perbedaan antara layanan gratis dengan pro. Terdapat perbedaan penggunaan layanan gratis dengan pro. Adapun layanan yang tidak tersedia pada layanan gratis, yaitu:
  1. Premium thesaurus, jumlah kosakata yang disediakan untuk layanan pro tentu lebih banyak ketimbang dengan yang layanan gratis. Ini akan memperkecil kemiripan dengan frase aslinya. Lalu, penulis juga dapat melakukan edit, tambah, hapus atau exclude pada daftar sinonim yang ada.
  2. Paragraph twister, penulis dapat melakukan penukaran posisi dalam paragraf. Ini merupakan salah satu teknik yang dapat memperkecil deteksi plagiasi.
  3. Saved article, penulis dapat menyimpan dalam sistem cloud milik Spinner.ID tanpa harus memikirkan di mana menyimpan hasil parafrase. 
  4. Direct publish ke WordPress, penulis dapat secara langsung terhubung apabila ingin melakukan post tulisan hasil parafrase ke WordPress.
Untuk dapat menggunakan layanan parafrase dari Spinner.ID, kamu dapat melakukan kunjungan ke URL (https://spinner.id/). Untuk dapat menggunakan akun versi pro, kamu dapat mengunjungi ke URL (https://spinner.id/pro/).
Gambar 2. Tampilan Hasil Spinner.ID Gratis

Gambar 3. Tampilan Hasil Spinner.ID PRO
Kamu dapat memperhatikan hasil parafrase yang dilakukan oleh Gambar 2 (gratis) dan Gambar 3 (pro), pada hasil yang penulis lakukan pada frase yang sama. Pada akun gratis variasi yang diperoleh lebih sedikit dibandingkan dengan akun pro. Jika dilihat berdasarkan article similarity dengan konteks frase yang yang, akun gratis menunjukkan persentase sebesar 78,38% sedangkan akun pro menunjukkan persentase sebesar 66,53%. Ini menunjukkan bahwa peran akun pro di sini dapat memperkecil kemiripan dengan frase aslinya. Namun, bukan berarti yang gratis tidak dapat digunakan secara maksimal. Setelah mempertimbangkan lebih lanjut terkait software berbasis web ini, penulis secara pribadi merekomendasikan penggunaan Spinner.ID untuk dapat digunakan sebagai bagian dari kegiatan parafrase dengan mempertimbangkan kembali beberapa hal. Hasil yang telah diparafrase oleh sistem hendaknya dibaca kembali oleh para penulis agar tulisan yang dihasilkan sesuai dengan tata bahasa Indonesia. Mungkin ada beberapa kata yang tidak bisa dipaksakan untuk digantikan katanya, maka penulis tidak perlu memaksakannya.
Dewanto, S.Pd.
Dewanto, S.Pd. Pembelajar dan Pengajar MIPA
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Tulisan Anti-plagiat dengan Spinner.ID"