Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Langkah Instalasi Mendeley Web Importer

Konten [Tampil]
Mendeley Web Importer merupakan fitur Mendeley yang terintegrasi dalam browser yang kita gunakan untuk mencari sumber informasi. Melansir dari laman mendeley.com, Mendeley Web Importer dapat diinstall dan tersedia untuk Chrome, Firefox, Safari, dan Edge. Penggunaan Mendeley Web Importer sebenarnya merupakan sebuah pilihan bagi kita semua, apabila kita banyak mengambil sumber-sumber kepenulisan yang berasal dari website atau laman internet maka sangat disarankan menggunakan Mendeley Web Importer ini. Hal ini dikarenakan kita hanya perlu klik satu kali saja tombol extension Mendeley Web Impoter maka halaman tersebut akan masuk ke dalam akun mendeley kita. Tunggu apalagi mari kita simak bagaimana melakukan instalasi Mendeley Web Importer dengan seksama.

1. Login di Mendeley Dekstop

Lakukan login di aplikasi Mendeley Dekstop kamu. Setelah masuk dalam dashboard Mendeley for Dekstop, maka pilih tab "tools" dan menu bersusun ke bawah akan muncul. Pilih "install web importer". Selanjutnya kamu akan diarahkan ke browser secara otomatis untuk melakukan pengunduhan dan penginstalan Mendeley Web Importer. Apabila tidak muncul dan kurang mengerti, silakan lanjutkan ke langkah 2 untuk langsung mengakses link.
Gambar 1. Tampilan dashboard Mendeley for Dekstop

2. Pengunduhan Menggunakan Link

Apabila terkendala dalam melakukan instalasi dari Mendeley for Dekstop, maka penulis akan memberikan akses link yang telah disalin dalam muatan berikut ini. Namun, link yang diberikan hanya untuk Edge dan Chrome (perhatikan gambar 2 dan 3).
Gambar 2. Mendeley Web Importer (Edges)
Gambar 3. Mendeley Web Importer (Chrome)

3. Lakukan Pinned Untuk Mendeley Web Importer

Mendeley Web Importer yang sudah terunduh dan terinstall, selanjutnya kamu harus melakukan pinned agar mempermudah kamu untuk melakukan one-click untuk memasukan sumber informasi dari laman internet menjadi daftar pustakamu. Dalam hal ini, penulis mencontohkan pada browser Chrome.
Gambar 4. Klik tombol menyerupai puzzle
Gambar 5. Klik tombol menyerupai pin
Gambar 6. Pin yang sudah ditekan akan memunculkan tombol Mendeley

4. Pratik Penggunaan Mendeley Web Importer

Sebelum menggunakan one-click Mendeley Web Importer, kamu akan diminta untuk login terlebih dahulu ke akun Mendeley kamu. Pada artikel ini penulis akan menjadikan referensi dari laman hubro.education dengan judul 7 Best Practices for Blended Learning. Untuk melakukan penyimpanan sumber referensi ini, penulis cukup one-click pada tombol mendeley yang termuatkan di samping kanan atas layar browser seperti pada gambar 7.
Gambar 7. Penggunaan Mendeley Web Importer
Jangan lupa untuk memastikan bahwa alamat sumber yang terdeteksi di Mendeley Web Importer telah tercentang biru dan lakukan penambahan ke akun Mendeley kamu dengan menekan "+ Add to Mendeley". Langkah selanjutnya lakukan sinkronisasi pada Mendeley for Dekstop kamu agar data baru yang kamu tambahkan dapat terdeteksi.

Demikianlah tutorial penginstalan Mendeley Web Importer yang bisa penulis bagikan kepada teman-teman. Satu pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca yaitu walaupun teknologi canggih, kita perlu melakukan peninjauan kembali seperti pada meta data Mendeley Web Importer. Apabila terdapat ketidaktepatan, teman-teman dapat melakukan pengeditan terlebih dahulu sebelum ditambahkan ke akun Mendeley teman-teman. Apabila terdapat pertanyaan, maka dapat ditanyakan pada kolom komentar di bawah ini.
Dewanto, S.Pd.
Dewanto, S.Pd. Pembelajar dan Pengajar MIPA
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "4 Langkah Instalasi Mendeley Web Importer"